Home » » Cara Budidaya Ikan Arwana Beserta Jenis Jenisnya

Cara Budidaya Ikan Arwana Beserta Jenis Jenisnya

Ilustrasi Ikan Arwana Silver via Google.com
Cara Budidaya Ikan Arwana Beserta Jenis Jenisnya - Ikan Arwana merupakan salah satu jenis ikan yang banyak peminatnya. Selain ikannya yang cantik, ikan arwana juga memiliki banyak jenis contohnya seperti ikan arwana silver. Ada yang percaya bahwa, memelihara ikan arwana di rumah bisa membawa berkah keberuntungan. Namun juga tidak ada salahnya apabila kita memelihara ikan arwana hanya karna hobi semata. Hobi memelihara ikan arwana termasuk hobi yang menyenangkan karena ikan arwana memiliki berbagai jenis. Simak berikut ini.

Jenis Ikan Arwana

Ikan Perak Arwana

Ikan perak Arwana adalah spesies ikan arwana yang paling sering ditemui. Karena jenis ikan arwana biasanya dijual dengan harga yang terjangkau. Ikan yang biasa disebut brazil ikan arwana memiliki bentuk tubuh yang sangat berbeda dari jenis lain dari ikan arwana. Ikan arwana yang habitat alami di Brazil memiliki bentuk tubuh yang panjang dan sirip. Warna tubuh didominasi oleh dilapisi abu-abu dengan warna mutiara. Sementara itu, warna abu-abu sirip sedikit lebih gelap dari warna tubuhnya.

Ikan Arwana Banjar

Ikan arwana banjar adalah jenis ikan yang memiliki bentuk kepala bulat dengan mulut. Ikan arwana bisa disebut sebagai varietas arwana merah dua tingkat dan dikenal bukan dari galur murni ikan arwana merah. Ikan ini memiliki sirip warna oranye pucat, kuning atau oranye ekor. Bila dilihat sekilas, ikan arwana ini mirip dengan ikan arwana banjar merah muda. Dengan demikian, para penyuka arwana baru tidak jarang tertipu oleh kesamaan yang dimiliki keduanya.

Ikan Arwana Irian

Ilustrasi Ikan Arwana Irian Jardini via Google Image
Irian Arwana Arwana ikan ikan berbagai yang cukup unik. Ikan arwana biasa disebut arwana jardini juga memiliki warna dasar kecoklatan dengan bintik-bintik binti emas di tengah sisik, kepala, sirip dan ekor bagian. Ikan arwana ini sebenarnya berasal dari Australia. Namun, ikan ini lebih sering ditemukan di sekitar sungai sampai Kabupaten Merauke Provinsi Papua. Oleh karena itu, jenis ikan arwana juga disebut ikan arwana Irian.

Ikan Arwana Merah

Arwana Merah Red Arowana Via Google Image
Ikan arwana merah atau arwana super red adalah ikan arwana dari Indonesia. Ikan ini lebih mudah ditemukan di daerah Kalimantan Barat seperti di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum. Namun, saat ini jenis ikan sangat mudah untuk menemukan banyak jenis ikan dibesarkan oleh arwana peternak.

Ikan arwana juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Ikan ini termasuk jenis ikan yang berharga mahal, bahkan Ikan Arwana ini pernah dijual dengan nilai ratusan juta rupiah lho. Penasaran dengan cara budidaya ikan arwana? Bisa dicoba yang berikut ini.

Cara Budidaya Ikan Arwana

Perhatikan Aquarium Dan Kolam

Ilustrasi Akuarium Via Google Image
Dalam cara budidaya ikan arwana, akuarium dan kolam sehingga harus diperhatikan oleh para petani ikan arwana. Ada dua cara budidaya ikan arwana, yaitu melalui akuarium dan kolam. Untuk arwana budidaya ikan dalam jumlah besar maka Anda juga harus harus menyediakan kolam untuk menampung ikan arwana. Karena karakter kolam berbatu disukai oleh ikan arwana. Tapi jika Anda tidak memiliki lahan yang cukup besar, Anda dapat membuat akuarium sehingga karakternya sebagai menyerupai kolam berbatu kecil.
Kemudian dengan karakter air di kolam atau akuarium harus jelas dan harus benar-benar jelas dan mencoba air terus mengalir, sehingga Anda harus membuat filter untuk akuarium atau kolam. Kemudian untuk Ph, pastikan Anda menjaga tingkat pH dalam air yang 6 atau 7, tidak lebih atau kurang. Adapun suhu, cobalah untuk diposisikan 26 derajat sampai 30 derajat. Ingatlah untuk selalu menerangi akuarium atau kolam, dan tidak meletakkannya di bawah sinar matahari langsung.

Jumlah Akuarium Dan Kolam Untuk Budidaya

Kolam Arwana Via Google Image
Untuk budidaya melalui akuarium, Anda harus memiliki 4 sampai 5 tambak untuk budidaya. Karena jangan sampai berukuran dewasa ikan arwana ditempatkan di akuarium. Kemudian untuk metode budidaya ikan arwana dengan akuarium, Anda harus memiliki peralatan lengkap. Seperti termostat, oksigen pemancar gelembung dan selalu menjaga air yang beredar.
Jika untuk kolam media, Anda harus benar-benar memiliki kolam besar. Karena kolam besar dapat menampung beberapa orang tua arwana. Biasanya, kolam untuk pembibitan arwana membutuhkan cukup besar, bisa menjadi 20m x 5m atau lebih. Meskipun budidaya melalui kolam renang, Anda dapat memilih induk dari akuarium. Setelah orangtua siap, Anda dapat memindahkan ikan arwana ke dalam kolam.

Pilih Jenis Arwana

Jenis Ikan Arwana Via Google Image
Spesies ikan arwana sangat banyak, Anda dapat memilih jenis super red ikan arwana untuk mendapatkan keuntungan sangat banyak. Hal ini karena harga ikan arwana super red bisa sampai 5 juta untuk orang dewasa, dan biji per kepala bisa bernilai 1 juta. Berharga karena sangat mahal, ikan arwana super red sebenarnya banyak diminati. Tapi jika Anda tidak memiliki modal yang cukup besar, Anda dapat memilih mana harga perak benih ikan arwana tidak terlalu mahal.

Siapkan Induk Terbaik

Untuk induk ikan arwana siap untuk berkembang biak adalah ikan arwana berusia 4 tahun atau lebih. Anda mencoba untuk memisahkan ikan induk arwana adalah ikan arwana lain. Mengapa? Karena Anda harus memberinya makan khusus, udang. Meskipun ikan arwana remaja juga membutuhkan udang, tapi ikan arwana dewasa tentu lebih lambat dari ikan arwana remaja. Untuk membedakan yang arwana ikan di mana pria dan wanita, Anda bisa melihat tubuh dan kepala ikan arwana yang lebih kecil yang menunjukkan ikan betina ikan arwana.

Pembiakan

Sebelum memisahkan peternak ikan arwana, Anda harus benar-benar tahu di mana ikan arwana sudah menemukan pasangan. Ketika Anda mencoba untuk memasangkan betina arwana dan laki-laki, biasanya tidak sulit. Ikan arwana akan cepat menemukan pasangan ketika di akuarium atau kolam, ada ikan arwana dari lawan jenis. Ikan arwana biasanya telah menemukan pasangan yang sering berenang berdampingan. Kedua mitra arwana ikan akan berenang berputar, dengan kepala dan ekor saling menempel. Bila Anda melihat indikasi arwana seperti itu, Anda harus segera pindah ke kolam atau akuarium itu sendiri.
Biasanya ada batu penangkaran kolam, akuarium dengan cara seperti itu Anda dapat merubahya. Ikan arwana tidak perlu mendapatkan bantuan untuk bertelur. Ketika mengeluarkan perempuan Arwana telur ikan, ikan arwana jantan seolah-olah itu akan mengambil telur. Bahkan, telur ikan arwana untuk dibuahi oleh ikan arwana jantan untuk keluar menjadi larva. Dan larva yang telah dikeluarkan oleh ikan arwana berusia laki-laki biasanya 8 minggu.

Proses Pembesaran Benih

Untuk pembesaran benih, Anda harus menunggu sampai berukuran 12 cm. Untuk benih yang masih ukuran kecil 1 cm, Anda bisa memberinya cacing pita. Coba, ketika arwana telah mengukur 12cm, Anda harus segera menghapus anak-anak. Karena ikan arwana adalah omnivora, dan juga tidak peduli apakah itu anaknya sendiri.

Bentuk Ikan Arwana

Setelah Anda memisahkan ikan arwana masih kecil, saatnya untuk berkembang biak hingga ukuran 25 sampai 40 cm. Karena ukuran ikan arwana seperti yang paling dicari di dunia. Karena ikan arwana remaja ditandai dengan agresif sangat disukai pencinta arwana. Ikan arwana menghasilkan warna yang lebih alami, Anda dapat menggantung ikan arwana di pagi hari. Karena sinar matahari pagi dapat membentuk warna alami arwana.

Panen

Pemijahan Ikan Arwana via Google Image
Ikan arwana yang paling dicari adalah ikan arwana yang eksotis dan memiliki warna yang indah. Anda mencoba untuk benar-benar menjaga warna dan kondisi ikan arwana. Anda dapat menemukan ikan arwana agen atau bisnis ikan hias di kota-kota besar. Bila Anda telah bekerja dengan dealer, Anda tidak perlu repot-repot untuk menjual di sana-sini.

Demikianlah cara budidaya Ikan Arwana Beserta Jenis Jenisnya. Silahkan mencoba cara tersebut untuk menjalankan bisnis ikan arwana yang menguntungkan. Terima kasih sudah berkunjung.
Salam Animal Lovers.

0 komentar:

Post a Comment